Kominfo dan Kemenag Diskusikan Nyepi Tanpa Internet


 Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pihaknya saat ini sedang berkonsultasi dengan Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu terkait permintaan pemutusan koneksi internet pada Hari Raya Nyepi.

Permintaan itu menurut Rudi perlu disikapi dengan bijak karena jaringan internet diperlukan untuk sektor bisnis seperti perhotelan di Pulau Dewata. Walaupun, sebagian besar penduduk Bali merayakan Nyepi pada hari tersebut.

"(Perkara) Nyepi belum (ditindaklanjuti). Saya baru tahu. Saya harusnya telepon Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu," terang Rudi saat ditemui awak media di Gedung Kominfo, Rabu (7/3).

Selain itu, Rudi belum mengetahui bagaimana implementasi pemutusan jaringan internet itu jika benar akan dilakukan. Oleh karena itu, pihaknya akan berkonsultasi pula dengan pengemuka agama Hindu.

"Pemerintah harus bijak. Saya secepatnya akan konsultasi kepada tokoh-tokoh dan pengemuka agama Hindu untuk berkonsultasi secepatnya masalah ini," ujarnya.

Sebelumnya, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali menyampaikan imbauan majelis-majelis keagamaan setempat yang meminta penyedia jasa seluler untuk melakukan pemutusan sementara koneksi internet pada Hari Nyepi.

"Yang jelas, ini bukan imbauan PHDI saja, tetapi imbauan seluruh tokoh agama dan pemerintah. Dulu, penutupan bandara juga ditolak," kata Ketua PHDI Provinsi Bali Prof Dr I Gusti Ngurah Sudiana di Denpasar, Selasa (6/3) dikutip dari Antaranews.

Imbauan tersebut tertuang pada butir keempat dalam Seruan Bersama Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali terkait Pelaksanaan Hari Nyepi Tahun Caka 1940 tertanggal 15 Februari 2018.

"Provider penyedia jasa seluler diharapkan untuk mematikan data seluler (internet) dari hari Sabtu, 17 Maret 2018 dari pukul 06.00 Wita s/d Minggu, 18 Maret 2018 pukul 06.00 WITA," demikian isi butir keempat dari seruan tersebut.

Selain itu, pada butir ketiga dalam seruan yang sama juga meminta Lembaga Penyiaran Radio dan Televisi untuk tidak bersiaran selama pelaksanaan Hari Raya Suci Nyepi Sabtu, 17 Maret 2018 dari pukul 06.00 Wita s/d Minggu, 18 Maret 2018 pukul 06.00 WITA

Source : CNN Indonesia
Tag : ,

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.